Saturday 21 April 2012

Bible Melarang Minum Khamar (Arak)

           Dalam salah satu kegiatan peribadatan orang Kristian ada yang namanya jamuan suci/jamuan kudus. Kegiatan ini dilakukan dengan meminum secawan anggur (berwarna merah) yang katanya melambangkan darah Jesus, kemudian memakan sepotong kecil roti yang melambangkan daging Jesus. Lalu bagaimanakah pandangan Injil mereka tentang minum khamar sendiri? Hal ini boleh dilihat pada kitab Imamat fasal 10, ayat 9. Dan juga ada ayat lain yang menguatkan bahawa minum minuman keras itu haram dan sangat dilarang bagi orang yang mengimani Injil.


(4) Oleh sebab itu, peliharalah dirimu, jangan minum anggur atau minuman yang memabukkan dan jangan makan sesuatu yang haram. (14) Janganlah ia makan sesuatu yang berasal dari pohon anggur; anggur atau minuman yang memabukkan tidak boleh diminumnya dan sesuatu yang haram tidak boleh dimakannya.” (Hakim-hakim 13 :4 dan 14)

          Ironinya, orang Kristian menodai ibadahnya sendiri dengan minum anggur yang hakikatnya sudah diharamkan oleh Tuhan mereka sendiri. 

Theologi Kristen Menghalalkan Minum Anggur

          Mereka tentunya mempunyai alasan kenapa mereka melanggar larangan minum anggur ini, dan ternyata memang mereka punya dalil untuk menguatkan pendapat mereka tersebut. Salah satu dalil yang digunakan mereka untuk menghalalkan minum anggur adalah sebuah cerita dalam Injil tentang mukjizat Jesus yang pertama mengubah air menjadi anggur yang sangat nikmat rasanya. Kalau Tuhan mereka saja melakukan mukjizat dengan merubah air menjadi anggur, kenapa umat Kristian tidak boleh minum anggur.

           Kenapa Tuhan malah melanggar hukum yang dibuatnya sendiri? Kenapa Tuhan mereka melakukan satu mukjizat yang bertentangan dengan hukum sebelumnya yang sudah ditetapkan jauh hari sebelum Jesus lahir?

copaste :)