Monday 12 March 2012

Apa Yang Mendorongku Untuk Berdakwah


1) “Dan Kami turunkan kepadamu Al-Kitab (Al-Quran) untuk menjelaskan segala sesuatu..” (QS. An-Nahl 16: 89)

KEWAJIPAN BERDAKWAH

2) Serulah (manusia) kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik.(QS. AN Nahl 16:125) 


3) “Sampaikanlah daripadaku walaupun hanya satu ayat.” (HR. Ahmad, Bukhari, dan Tarmidzi)

4)  “ Kamu adalah umat terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang makruf, mencegah dari yang munkar dan beriman kepada Allah…” (Ali Imran 3:110)(pasti akan tersentuh hati setiap kamu apabila terbaca ayat ni kalau kamu org yg berakal)

5) “Hendaklah kalian benar-benar menyuruh perbuatan yang ma’ruf dan benar-benar melarang perbuatan yang mungkar, atau (bila tidak kalian lakukan) Allah akan menjadikan orang-orang jahat di antara kalian berkuasa atas kalian semua (yang akibatnya banyak sekali kejahatan dan kemungkaran diperbuatnya) lalu orang-orang yang baik di antara kalian berdoa (agar kejahatan dan kemungkaran itu hilang) maka doa mereka (orang-orang baik itu) tidak diterima” (HR. Al Bazzar dan At Thabrani). (so... ada saper2 nak halang org yg nak berdakwah ?.. )


6) Katakanlah: “Inilah jalan (agama) ku, aku dan orang-orang yang mengikutiku mengajak (kamu) kepada Allah dengan hujah yang nyata, Maha Suci Allah, dan aku tiada termasuk orang-orang yang musyrik”(Yusuf 12:108)

7) Barangsiapa di antara kamu melihat kemungkaran, maka hendaklah ia mengubahnya dengan tangannya, jika ia tidak mampu cegahlah dengan lisannya, dan apabila tidak mampu maka dengan hatinya.  Yang demikian itu adalah selemah-lemah iman. (HR Imam Muslim) 

8) Dari Anas r.a, kami para sahabat r.a bertanya: “Ya Rasullullah s.a.w, kami tidak akan menyuruh orang untuk berbuat baik sebelum kami sendiri mengamalkan semua kebaikan dan menjauhi semua kemungkaran.” Maka Nabi s.a.w bersabda: “ Tidak, bahkan serulah orang untuk berbuat baik, meskipun kalian belum mengamalkan semuanya. Dan cegahlah kemungkaran, meskipun kalian belum menghindari semuanya.” (HR. Thabrani)


GANJARAN BERDAKWAH (dengan ikhlas)

8) “ Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang makruf dan mencegah dari yang munkar; merekalah orang-orang yang beruntung.” (Ali Imran 3:104)

9)”Barang siapa yang menunjukkan pada suatu kebaikan, maka baginya seperti pahala orang yang mengerjakannya.” (HR Ahmad, Muslim, Abu Daud, dan Tarmidzi) 

10) "Barangsiapa yang menyeru/mengajak (orang lain) kepada petunjuk maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala-pahala dari orang-orang yang mengikutinya, yang hal itu tidak mengurangi pahala-pahala mereka sedikit pun, dan barangsiapa yang mengajak kepada kesesatan maka dia akan mendapat dosa seperti dosa-dosa dari orang-orang yang mengikutinya, yang hal itu tidak mengurangi dosa-dosa mereka sedikit pun." (HR. Muslim no.2674)

11) "Barangsiapa yang melakukan kebaikan seberat zarah pun, nescaya dia akan melihat (balasan)nya.Dan barangsiapa yang melakukan kejahatan seberat zarah pun, nescaya dia akan melihat (balasan)nya."( QS. Az-Zalzalah : 7-8 ) 

12) “Bahawasanya seorang manusia tiada memperoleh selain apa yang telah diusahakan; Dan bahwasanya usahanya itu kelak akan diperlihatkan; Kemudian dia akan diberi balasan yang paling sempurna. (53 : 39-41)


INSPIRASI DAN PENDORONG

13) Dialah yang telah mengutus Rasul-Nya (dengan membawa) petunjuk (Al Qur’an) dan agama yang benar untuk dimenangkan-Nya atas segala agama, walaupun orang-orang musyrik tidak menyukai.(QS. At Taubah 33)

14) “Demi Allah, wahai pakcikku, seandainya mereka meletakkan matahari di tangan kananku dan bulan di tangan kiriku agar aku menghentikan seruan dari Tuhanku…ketahuilah pakcik. Aku tidak akan meninggalkannya hingga tiba saat Allah memenangkan agamanya atau aku binasa kerananya”.(Rasulullah) (setiap yang mendengar ayat ini seharusnya tersentuh)

15) Sesungguhnya telah ada pada Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.(QS. Al Ahzab 21)

16) Siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Allah (QS. Fushilat 33)

17) “Ucapkanlah tiada Tuhan kecuali Allah, nescaya kalian menang! (Rasulullah)

18) Ini adalah orang yang dicintai Allah. Ini adalah wali Allah. Ini adalah pilihan atau teman sejati Allah. Ini adalah pilihan Allah. Ini adalah penduduk bumi yang paling dicintai Allah. Allah menjawab seruannya dan dia menyeru manusia kepada apa yang dijawab (diterima) Allah dari dakwahnya dan beramal soleh dalam menjawab seruan Allah dan mengatakan aku termasuk orang muslim. Ini adalah wakil Allah.Dengan demikian jelaslah betapa mulianya kedudukan seorang dai. Dan betapa seorang dai yang memiliki integritas antara ucapan dan perbuatannya merupakan orang-orang pilihan (Imam Hasan al-Basri)

19) "sesungguhnya aku menasihatimu bukanlah bererti aku lah yang terbaik dalam kalangan kamu. Bukan jua yang paling soleh dalam kalangan kamu, kerana aku juga pernah melampaui batas untuk diri sendiri. Seandainya seseorang itu dapat menyampaikan dakwah apabila dia sempurna, nescaya tidak ada pendakwah.Maka jadi sikitlah orang yang memberi peringatan" (Imam Hasan Al-Basri)

20) Ketahuilah bahawa dakwah ini akan terus dijalankan sampai orang-orang berjalan dari San’a ke Hadramaut dengan aman, dan serigala duduk-duduk di pinggir(tanpa memberikan gangguan)”.(Rasulullah)


PERINGATAN

21)“Hai orang-orang yang beriman, mengapa kamu mengatakan apa yang tidak kamu kerjakan. Amat besar kebencian di sisi Allah bahwa kamu mengatakan apa-apa yang tidak kamu kerjakan.” (ash-Shaff:2-3)(bila memikirkan ayat ni, rasa gerun juga) (ini pendorong juga, pendorong untuk kita berdakwah dengan diri sendiri)